TEKS BERJALAN

EMERENSIA TANGKAS: SAYA PANCASILA. READINESS AND SACRIFICE

Senin, 27 November 2017

Strategi Operasi dalam sebuah Lingkungan Global



Bab 2 ini fokus pada pembahasan mengenai strategi operasi dalam menghadapi globalisasi. Percepatan dalam bidang komunikasi dan transportasi mendorong terjadinya globalisasi, ketika
hambatan-hambatan dalam bidang komunikasi da transportasi menghilang kemajuan terjadi dalam teknologi, pengiriman yang dapat diandalkan dan komunikasi yang semakin murah. Hasilnya adalah berkembangnya perdagangan dunia, pasar modal global, dan mobilitas antar negara. Integrasi ekonomi dan saling ketergantungan antar negara semakin meningkat.
Enam alasan operasi bisnis domestik kemudian berubah menjadi operasi bisnis global:
1.      Meningkatkan Rantai Pasokan
Rantai pasokan dapat ditingkatkan dengan menempatkan fasilitas-fasilitas di negara-negara yang memiliki sumber daya yang berbeda, tinggal mana yang lebih menguntungkan. Keuntungan yang hendak dicapai misalnya buruh dengan biaya rendah dan kompeten dalam memproduksi
2.      Mengurai Biaya
Beberapa lokasi di dunia dapat membantu menurunkan biaya langsung maupun tidak langsung, misalnya saja di negara tertentu memiliki peraturan regulasi yang kurang ketat dalam berbagai praktik kegiatan operasi seperti lingkungan dan keselamatan kerja. Pemindahan pekerja dengan kemampuan rendah ke negara lain memiliki keuntungan potensial: perusahaan dapat mengurangi biaya dan memindahkan pekerja dengan kemampuan rendah ke lokasi dengan biaya rendah membebaskan pekerja dengan kemampuan tinggi untuk tugas-tugas yang lebih berharga.
3.      Meningkatkan Operasi
Perusahaan belajar untuk memahami perbedaan-perbedaan bagaimana suatu bisnis ditangan di negara yang berbeda, selain itu mengurangi waktu respon dalam memenuhi persyaratan produk dan jasa yang berubah-ubah.
4.      Memahami Pasar
Perusahaan berbasis internasional belajar mengenai kesempatan untuk produk dan jasa baru, membantu perusahaan memahami dimana pasar berkembang, juga membantu perusahaan membedakan basis pelanggan mereka.
5.      Meningkatkan Produk
Perusahaan melayani diri sendiri dan juga konsumen ketika mereka bersifat terbuka untuk menerima ide-ide baru.
6.      Menarik dan Mempertahankan Talenta Global
Organisasi global dapat menarik perhatian dan mempertahankan karyawan yang lebih baik dengan memberikan kesempatan pekerjaan yang lebih baik.


Masalah Budaya Etis
            Salah satu tantangan dalam manajemen operasi bagi perusahaan yang mulai merambah dunia global adalah merekonsiliasi perbedaan dalam perilaku dan budaya. Isu yang ada seperti penyuapan, tenaga kerja dibawah usia, lingkungan bahkan terkadang manajer tidak memahami cara untuk merespon ketika beropreasi ditengah budaya yang berbeda. Perubahan dalam undang-undang internasional, perjanjian dan pedoman perilaku telah diterapkan untuk menjelaskan perilaku etis diantara manajer di seluruh dunia.

Mengembangkan Misi dan Strategi
1.      Misi merupakan tujuan sekaligus alasan bagi sebuah keberadaan organisasi. Misi juga dibagi dalam setiap fungsi dalam perusahaan, misi setiap fungsi ini akan diintegrasikan untuk mendukung misi keseluruhan perusahaan.
2.      Strategi merupakan sebuah rencana tindakan dari sebuah organisasi untuk mencapai misi. Perusahaan mencapai misi dengan 3 cara konsemtual; diferensiasi, biaya kepemimpinan dan respon.

Memperoleh Keunggulan Kompetitif Melalui Operasi
Keunggulan kompetitif sendiri merupakan penciptaan sebuah keunggulan yang unik atas pesaingnya.
1.      Persaingan melalui diferensiasi, diferensiasi dikaikan dengan keunikan. Diferensiasi harus diaggap sebagai hal yang penting guna menciptakan nilai bagi pelanggan. Untuk sektor jasa, terdapat diferensiasi pengalaman dengan melibatkan pelanggan dengan sebuah produk melalui imajinasi dan lima indra sehingga pelanggan memiliki pengalaman dengan produk.
2.      Persaingan melalui biaya, salah satu pendorong dari strategi biaya rendah adalah sebuah fasilitas yang secara efektif digunakan. Kepemimpinan biaya rendah memiliki arti mencapai nilai yang maksimum seperti yang telah didefinisikan oleh pelanggan.
3.      Persaingan melalui respon, respom yang fleksibel dapat dianggap sebagai kemampuan untuk menyesuaikan perubahan dalam sebuah pasardimana inovasi desain dan volume berfluktuasi secara substansial.

Masalah-Masalah dalam Strategi Operasi
            Pandangan berdasar sumber daya merupaka sebuah metode yang digunakan oleh manajer untuk mengevaluasi sumber daya yang mereka miliki dan mengatur atau mengubah mereka untuk memperoleh keunggulan kompetitif. Analisi rata-rata nilai merupakan sebuah cara untuk mengidentifikasi elemen-elemen dalam rantai produk atau jasa yang secara unik menambahkan nilai. Moedl lima kekuatan merupakan sebuah metode menganalisis lima kekuatan dalam lingkungan yang kompetitif.

Pengembangan dan Penerapan Strategi
            Analisis SWOT merupakan sebuah peninjauan formal dari kekuatan dan kelemahan internal serta kesempatan eksternal dan ancaman. Idenya adalah untuk memaksimalkan kesempatan dan meminimalisir ancaman dalam lingkungan.



Faktor Keberhasilan Utama dan Kompetensi Inti
            Faktor keberhasilan utama merupakan aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk mencapai tujuannya. Kompetensi inti merupakan serangkaian kemampuan yang berbeda, talenta dan kapabilitas yang dimiliki perusahaan dengan standar kelas dunia.

Mengintegrasikan OM dengan Aktivitas Lainnya
            Dengan membuat peta aktivitas yang meggambarkan hubungan-hubungan garfik dari keunggulan kompetitif KSFs dan lingkungan pendukung.

Pembangunan dan Penentuan Staf Organisasi
            Manajer bekerja sama dengan manajer yang lebih rendah untuk bekerjasama membangun rencana, anggaran dan program, menetapkan strategi-strategi untuk mencapai misi.

Perencanaan Strategis, Kompetensi Inti dan Pengalihdayaan
            Ketika organisasi mengembangkan misi, strategi dan tujuan organisasi mereka mengidentifikasi kekuatan yang mereka miliki. Kekuatan yang lebih baik yang dimiliki dari pesaing menjadi kompetensi inti. Pengalihdayaan merupakan transfer sebuah aktivitas perusahaan yang secara tradisional merupakan aktivitas internal bagi pemasok eksternal.

Terori Keunggulan Komparatif
            Sebuah teori yang menyatakan bahwa negara-negara yang memperoleh manfaat dari spesialisasi barang dan jasa dimana mereka memiliki keunggulan relatif, dan mereka memperoleh manfaat dari proses impor dimana mereka memiliki kerugian relatif.

Risiko dan Pengalihdayaan
Resiko utama dari pengalihdayaan diperlukan manajer untuk berinvestasi dalam usaha dan memastikannya bahwa mereka melakukannya dengan benar.

Pilihan-Pilihan Strategi Operasi Global
            Bisnis internasional adalah perusahaan apapun yang terlibat dalam perdagangan atau investasi internasional. Korporasi multinasional merupakan sebuah perusahaan dengan keterlibatan bisnis internasional yang ekstensif. Strategi internasional merupakan sebuah strategi dimana pasar global dipenetrasi menggunakan ekspor dan lisensi. Strategi multidomestik merupakan strategi dimana keputusan operasi disentralkan pada masing-masing negara untuk meningkatkan reaksi lokal. Strategi global merupakan sebuah strategi dimana keputusan operasi disentralisai da kantor pusat mengkoordinasi standarisasi dan pembelajaran antar fasilitas. Srategi transnasional merupakan strategi yang mengkombinasikan manfaat dari efisiensi berskala globat dengan manfaat dari kemampuan lokal untuk merespon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar