Bab
2 ini fokus pada pembahasan mengenai strategi operasi dalam menghadapi
globalisasi. Percepatan dalam bidang komunikasi dan transportasi mendorong
terjadinya globalisasi, ketika
hambatan-hambatan dalam bidang komunikasi da transportasi menghilang kemajuan terjadi dalam teknologi, pengiriman yang dapat diandalkan dan komunikasi yang semakin murah. Hasilnya adalah berkembangnya perdagangan dunia, pasar modal global, dan mobilitas antar negara. Integrasi ekonomi dan saling ketergantungan antar negara semakin meningkat.
hambatan-hambatan dalam bidang komunikasi da transportasi menghilang kemajuan terjadi dalam teknologi, pengiriman yang dapat diandalkan dan komunikasi yang semakin murah. Hasilnya adalah berkembangnya perdagangan dunia, pasar modal global, dan mobilitas antar negara. Integrasi ekonomi dan saling ketergantungan antar negara semakin meningkat.
Enam alasan operasi bisnis domestik
kemudian berubah menjadi operasi bisnis global:
1. Meningkatkan
Rantai Pasokan
Rantai pasokan dapat ditingkatkan dengan menempatkan
fasilitas-fasilitas di negara-negara yang memiliki sumber daya yang berbeda, tinggal
mana yang lebih menguntungkan. Keuntungan yang hendak dicapai misalnya buruh
dengan biaya rendah dan kompeten dalam memproduksi
2. Mengurai
Biaya
Beberapa lokasi di dunia dapat membantu menurunkan
biaya langsung maupun tidak langsung, misalnya saja di negara tertentu memiliki
peraturan regulasi yang kurang ketat dalam berbagai praktik kegiatan operasi
seperti lingkungan dan keselamatan kerja. Pemindahan pekerja dengan kemampuan
rendah ke negara lain memiliki keuntungan potensial: perusahaan dapat mengurangi
biaya dan memindahkan pekerja dengan kemampuan rendah ke lokasi dengan biaya
rendah membebaskan pekerja dengan kemampuan tinggi untuk tugas-tugas yang lebih
berharga.
3. Meningkatkan
Operasi
Perusahaan belajar untuk memahami perbedaan-perbedaan bagaimana
suatu bisnis ditangan di negara yang berbeda, selain itu mengurangi waktu
respon dalam memenuhi persyaratan produk dan jasa yang berubah-ubah.
4. Memahami
Pasar
Perusahaan berbasis internasional belajar mengenai
kesempatan untuk produk dan jasa baru, membantu perusahaan memahami dimana
pasar berkembang, juga membantu perusahaan membedakan basis pelanggan mereka.
5. Meningkatkan
Produk
Perusahaan melayani diri sendiri dan juga konsumen
ketika mereka bersifat terbuka untuk menerima ide-ide baru.
6. Menarik
dan Mempertahankan Talenta Global
Organisasi global dapat menarik perhatian dan
mempertahankan karyawan yang lebih baik dengan memberikan kesempatan pekerjaan
yang lebih baik.
Masalah
Budaya Etis
Salah satu tantangan dalam manajemen
operasi bagi perusahaan yang mulai merambah dunia global adalah merekonsiliasi
perbedaan dalam perilaku dan budaya. Isu yang ada seperti penyuapan, tenaga
kerja dibawah usia, lingkungan bahkan terkadang manajer tidak memahami cara
untuk merespon ketika beropreasi ditengah budaya yang berbeda. Perubahan dalam
undang-undang internasional, perjanjian dan pedoman perilaku telah diterapkan
untuk menjelaskan perilaku etis diantara manajer di seluruh dunia.
Mengembangkan
Misi dan Strategi
1. Misi
merupakan tujuan sekaligus alasan bagi sebuah keberadaan organisasi. Misi juga
dibagi dalam setiap fungsi dalam perusahaan, misi setiap fungsi ini akan
diintegrasikan untuk mendukung misi keseluruhan perusahaan.
2. Strategi
merupakan sebuah rencana tindakan dari sebuah organisasi untuk mencapai misi.
Perusahaan mencapai misi dengan 3 cara konsemtual; diferensiasi, biaya
kepemimpinan dan respon.
Memperoleh
Keunggulan Kompetitif Melalui Operasi
Keunggulan
kompetitif sendiri merupakan penciptaan sebuah keunggulan yang unik atas
pesaingnya.
1. Persaingan
melalui diferensiasi, diferensiasi dikaikan dengan keunikan. Diferensiasi harus
diaggap sebagai hal yang penting guna menciptakan nilai bagi pelanggan. Untuk
sektor jasa, terdapat diferensiasi pengalaman dengan melibatkan pelanggan
dengan sebuah produk melalui imajinasi dan lima indra sehingga pelanggan
memiliki pengalaman dengan produk.
2.
Persaingan melalui biaya, salah satu
pendorong dari strategi biaya rendah adalah sebuah fasilitas yang secara
efektif digunakan. Kepemimpinan biaya rendah memiliki arti mencapai nilai yang
maksimum seperti yang telah didefinisikan oleh pelanggan.
3. Persaingan
melalui respon, respom yang fleksibel dapat dianggap sebagai kemampuan untuk
menyesuaikan perubahan dalam sebuah pasardimana inovasi desain dan volume
berfluktuasi secara substansial.
Masalah-Masalah
dalam Strategi Operasi
Pandangan berdasar sumber daya
merupaka sebuah metode yang digunakan oleh manajer untuk mengevaluasi sumber
daya yang mereka miliki dan mengatur atau mengubah mereka untuk memperoleh
keunggulan kompetitif. Analisi rata-rata nilai merupakan sebuah cara untuk
mengidentifikasi elemen-elemen dalam rantai produk atau jasa yang secara unik
menambahkan nilai. Moedl lima kekuatan merupakan sebuah metode menganalisis
lima kekuatan dalam lingkungan yang kompetitif.
Pengembangan
dan Penerapan Strategi
Analisis SWOT merupakan sebuah
peninjauan formal dari kekuatan dan kelemahan internal serta kesempatan
eksternal dan ancaman. Idenya adalah untuk memaksimalkan kesempatan dan
meminimalisir ancaman dalam lingkungan.
Faktor
Keberhasilan Utama dan Kompetensi Inti
Faktor keberhasilan utama merupakan
aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk mencapai tujuannya. Kompetensi inti
merupakan serangkaian kemampuan yang berbeda, talenta dan kapabilitas yang
dimiliki perusahaan dengan standar kelas dunia.
Mengintegrasikan
OM dengan Aktivitas Lainnya
Dengan membuat peta aktivitas yang
meggambarkan hubungan-hubungan garfik dari keunggulan kompetitif KSFs dan
lingkungan pendukung.
Pembangunan
dan Penentuan Staf Organisasi
Manajer bekerja sama dengan manajer
yang lebih rendah untuk bekerjasama membangun rencana, anggaran dan program,
menetapkan strategi-strategi untuk mencapai misi.
Perencanaan
Strategis, Kompetensi Inti dan Pengalihdayaan
Ketika organisasi mengembangkan
misi, strategi dan tujuan organisasi mereka mengidentifikasi kekuatan yang
mereka miliki. Kekuatan yang lebih baik yang dimiliki dari pesaing menjadi
kompetensi inti. Pengalihdayaan merupakan transfer sebuah aktivitas perusahaan
yang secara tradisional merupakan aktivitas internal bagi pemasok eksternal.
Terori
Keunggulan Komparatif
Sebuah teori yang menyatakan bahwa
negara-negara yang memperoleh manfaat dari spesialisasi barang dan jasa dimana
mereka memiliki keunggulan relatif, dan mereka memperoleh manfaat dari proses
impor dimana mereka memiliki kerugian relatif.
Risiko
dan Pengalihdayaan
Resiko utama dari pengalihdayaan
diperlukan manajer untuk berinvestasi dalam usaha dan memastikannya bahwa
mereka melakukannya dengan benar.
Pilihan-Pilihan
Strategi Operasi Global
Bisnis internasional adalah
perusahaan apapun yang terlibat dalam perdagangan atau investasi internasional.
Korporasi multinasional merupakan sebuah perusahaan dengan keterlibatan bisnis
internasional yang ekstensif. Strategi internasional merupakan sebuah strategi
dimana pasar global dipenetrasi menggunakan ekspor dan lisensi. Strategi
multidomestik merupakan strategi dimana keputusan operasi disentralkan pada
masing-masing negara untuk meningkatkan reaksi lokal. Strategi global merupakan
sebuah strategi dimana keputusan operasi disentralisai da kantor pusat
mengkoordinasi standarisasi dan pembelajaran antar fasilitas. Srategi
transnasional merupakan strategi yang mengkombinasikan manfaat dari efisiensi
berskala globat dengan manfaat dari kemampuan lokal untuk merespon.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar