TEKS BERJALAN

EMERENSIA TANGKAS: SAYA PANCASILA. READINESS AND SACRIFICE

Rabu, 24 Oktober 2018

Tantangan dalam Dunia Data


source : pinterest


Tidak ada seorang pun dapat mengingkari bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang dengan begitu pesatnya. Kini, orang-orang dapat berkomunikasi dengan siapapun dalam jarak sejauh apapun di bumi ini, pertukaran informasi begitu mudah dilakukan. Salah satu pengembangan dari kemajuan-kemajuan itu adalah apa yang disebut dengan ‘Big Data’ dan ‘Deep Learning’. singkatnya, Big Data adalah kumpulan data dalam jumlah yang sangat besar, dengan laju pertumbuhan dan perubahan yang sangat cepat dan memiliki jenis serta sumber yang sangat beragam sehingga dalam pengelolaannya pun diperlukan manajemen yang luar biasa baiknya. Dengan demikian Big Data menjadi tantangan bagi semua bidang kehidupan, karena dewasa ini kita tidak akan bisa terlepas dari pemanfaatan data dan informasi.

Setiap orang menggunakan data sepanjang hari, yang paling intens penggunaannya adalah dalam dunia digital yang dalam hal ini tidak terlepas dari jaringan internet, untuk di Indonesia sendiri kita tahu penggunaan media sosial yang begitu hype. mesin-mesin dan perangkat internet pun demikian cerdasnya mampu memproses data dan informasi. Isu baru yang cukup mengkhawatirkan adalah apabila Big Data ini tidak ter-manage dengan baik akan sangat memungkinkan timbul masalah besar yakni tsunami data. Oleh karena itu memang diperlukan kebijaksanaan dan pengetahuan manajemen dalam pengelolaannya agar dapat terintegrasi dengan baik dan memiliki value added. 
Salah satu bagian dari Big Data yang tidak dapat terlepas adalah Deep Learning. dalam hal ini Deep Learning dapat dikatakan debagai artificial intelligence untuk membantu pengolahan data dalam jumlah besar ke dalam bentuk citra, teks dan audio sehingga computer memiliki kemampuan untuk melihat, mempelajari dan bereaksi sehingga dapat memproses data kasar ke dalam bentuk dan fitur yang lebih tinggi. Intelijen buatan ini tercipta atas kaingin tahuan manusia untuk menemukan berbagai macam robot / alat yang dapat membantu menyelesaikan masalah dengan instan. Sebenarnya tanpa adanya intelijen buatan ini kehidupan akan tetap berjalan, namun sekali lagi keingin tahuan manusia dan ambisi untuk adanya pencapaian-pencapaian baru yang tidak ada hentinya dalam kehidupan dinamis inilah yang mendorong para ilmuan di bidang ini untuk segera menemukan apa yang disebut dengan Deep Learning.
Ide dari Deep Learning adalah menciptakan susunan konsep-konsep yang kompleks menjadi lebih sederhana, inilah yang membuat Deep Learning mampu merepresentasikan sebuah permasalahan dengan fleksibilitas yang tinggi. Untuk memudahkan terciptanya gambaran tentang deep learning, mungkin kita bisa mengingat saat kita mengunggah foto di akun Facebook maka Facebook akan dengan otomatis mengenali wajah dalam foto yang kita unggah, bahkan terkadang mampu menandai akun lain yang wajahnya ada dalam foto yang kita unggah. Begitu pula saat kita melakukan pencarian dengan kata tertentu di Google, secara otomatis akan muncul jutaan bahkan mungkin miliaran gambar serupa bahkan yang tidak memiliki kata kunci yang sesuai, ini merupakan dalah satu pemanfaatan dari Deep Learning. atau mungkin dalam galeri iPhone anda muncul satu album yang khusus menampilkan wajah-wajah serupa yang terdeteksi secara otomatis. Pemanfaatan lebih lanjut dalam dunia nyata adalah dalam bidang keamanan, kesehatan, kelautan, pertanian da masih banyak lagi.

08 September 2018
Oleh : Emerensia Tangkas Alma Wratsari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar