TEKS BERJALAN

EMERENSIA TANGKAS: SAYA PANCASILA. READINESS AND SACRIFICE

Jumat, 10 April 2015

ACCURATE ACCOUNTING COMPETITION, LAMPUNG




 Accurate Accounting Software diciptakan oleh Putera/Puteri Bangsa Indonesia yang berdiri di bawah bendara PT. Cipta Piranti Sejahtera, lebih dikenal dengan sebutan CPSSoft, yang berlokasi di Jakarta. Accurate Accounting Software merupakan software pertama yang dikembangkan oleh CPSSoft. Dalam mengembangkan software, CPSSoft selalu menggunakan pinsip dasar 3 M, yaitu Murah, Massal , dan ber-Manfaat. Accurate Software Accounting, kini sudah mulai dikenal dikalangan mahasiswa,
bahkan sudah banyak perusahan-perusahaan yang tersebar di Indonesia yang menggunakan program akuntansi komputer ini sebagai pencatatan keuangan perusahaan. Bahkan kemampuan menggunakan aplikasi ini juga dicantumkan sebagai salah satu syarat untuk dapat bekerja di perusahaan tersebut. Maka, UBM (Universitas Bulan Mulia) dalam rangka Dies Natalis, memperkenalkan Aplikasi Accurate4 kepada siswa/i SMA/sederajat yang ada di seluruh Indonesia, salah satunya di Provinsi Lampung.
Di Provinsi Lampung mahasiswa dari Universitas Bunda Mulia yang berlokasi di Jakarta juga datang ke SMA Xaverius Pringsewu. Pada hari Kamis, 29 Januari 2015 Beberapa mahasiswa dari UBM datang ke SMA Xaverius Pringsewu untuk memberikan pelatihan menggunakan aplikasi accurate4. Pelataihan yang dimulai dari jam 09.00 sampai jam 12.00 ini diikuti oleh sekitar 30 siswa yang terdiri dari kelas XI dan XII  jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, dan juga diikuti oleh Ibu Evita dan Ibu Ermina selaku guru ekonomi dan akuntansi di SMA Xaverius Pringsewu.  
Pada pelatihan ini, peserta dikenalkan terlebih dahulu tentang aplikasi Accurate4. Selanjutnya peserta dilatih untuk membuat Database Accurate 4 baru
Program ACCURATE 4 Accounting Software yang telah terinstal di komputer dalam ruang lab komputer , di aktifkan dengan cara  Klik tombol Start - Programs/All Program – CPSSoft - ACCURATE 4, atau dapat juga mengklik icon ACCURATE 4 yang ada pada desktop komputer.
Pada tampilan Welcome To ACCURATE 4, klik tombol Create New Company (Buat Database Baru).  Selanjutnya peserta mengerjakan transaksi yang ada di satu contoh kasus. Bersama-sama peserta mengerjakan setiap transaksi dengan di pandu oleh kak. Andhika Ibrahim, mahasiswa UBM bidang study akuntansi.
           
Dari pelatihan tersebut, UBM mengadakan kompetisi Accurate dan akuntansi se Bandar Lampung di SMA Xaverius Pahoman. Kompetisi ini merupakan hal yang baru, karena memang baru pertama diadakan dan  kali ini SMA Xaverius Pringsewu mengirim timnya yaitu Anastasia Catur OP dan Emerensia Tangkas AW dengan di dampingi oleh Ibu Fransiska Ermina L. Catur dan Tangkas mengikuti babak penyisihan pada hari Rabu, 11 Maret 2015. Keduanya mengerjakan 50 soal akuntansi dan 1 soal praktek aplikasi Accurate4 dalam waktu satu jam di ruang laboratorium komputer di SMA Xaverius Pahoman.

Kompetisi yang diikuti oleh siswa/i SMA/Sederajat yang ada di Bandar Lampung ini mengambil 20 tim dengan nilai terbesar   di babak penyisihan. Persiapan yang singkat, serta belum adanya kemahiran dalam mengoprasikan aplikasi Accurate  membuat SMA Xaverius Pringsewu belum berhasil masuk 20besar.  Meski demikian, Tangkas dan Catur tetap semangat dan bahkan selalu belajar mengoprasikan aplikasi akuntansi yang satu ini.

“Sekarang di laptop saya sudah ada aplikasi Accurate 4, jadi bisa belajar kapan saja. Mudah-madahan jika ada kesempatan lagi, kami bisa menang” begitu harapannya.

1 komentar: