TEKS BERJALAN

EMERENSIA TANGKAS: SAYA PANCASILA. READINESS AND SACRIFICE

Jumat, 10 April 2015

Festifal Budhaya Kabupaten Pringsewu 2015



EnamTahunsudahKabupatenPringsewubersenyummanis. UntukikutsertameramaikanrangkaianperingatanulangtahunKabupatenPringsewu,Pemerintahbekerjasamadengan IKOSIS mengadakankarnavalbudaya yang dilaksanakanpadaMinggu, 29 Maret 2015.
Festifalbudhayatahuninidikemassangatberbedadengantahun-tahunsebelumnya. Kali ini,
seluruhpesertakarnavaldiwajibkanberjalan kaki sepanjang 3,5 km dengan start di pendopodanberakhir di lapangankuncup. Parade diawalioleh 12 kelompokdrumband yang ada di KabupatenPringsewudimulaidari SDN 3 Jogjakarta dandiakhirioleh SMA N2 Gadingrejo. Selanjutnyadiikutiolehpeserta lain secaraberurutan.
Karnafal kali inisangatmenarikperhatiandanantusiasmemasyarakatpringsewuterlihatdariramainyakerumunammasyarakat yang berjajar di pinggirjalan. Acaradimulaipukul 14.00 danselesaipukul16.30. darisekitar 87kelompokpeserta yang mendaftarhampirseluruhpesertamengenakanberbagaikostumunikdanbusananusantaraseperti yang telahditetapkanolehpanitia. Kostum-kostumunik yang dikenakanolehpeserta di desaindengansangatmenarikantara lain berbentuksepertikupu-kupu, merak, bungadanburung-burungraksasa yang dikemassesuaidengankebudayaannusantara.
Para pesertadengankostumunikdannyelenehinimerupakanutusandaribeberapa SLTA, SKPD dan 50 waria di KabupatenPringsewu yang berlenggangdengancantiknyadantentunyasangatmenarikuntukdisaksikan. Selainituacarainijugadiikutioleh para peserta yang mengenakanbusananasionaldanmerupakanutusandari SD, SMP, SMA, SKPD, BUMN, perwakilansanggardankelompokseni, perguruanbeladiri, organisasiolahraga, pramuka, paskibraka, penampilandari 9 kecamatan yang mengangkatbudayadanadat Lampung, masyarakathindu, adatjawa, sumaterautaradanibu-ibutamankanak-kanak di KabupatenPringsewu.
Tepat di perempatanlampumerah para pesertadiperbolehkanuntukmenunjukanaksidanpenampilanmerekaselama 5 menitbagimasing-masingkelompokdihadapanBupatiPringsewu H. Sujadi Sadat, WakilBupatiHandityaNarapati. SZP, Ketua DPRD H. Iyasa, DandimTanggamusLektolKristomeiSianturi, WakapolresTanggamus, Ketua PKK, jajaran DPR dan SKPD Pringsewu, laludilanjutkanberjalanmelalui Jl. K.H Ghalibdanberakhir di LapanganKuncup.
                                                                                                                                (EmerensiaTangkas AW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar