TEKS BERJALAN

EMERENSIA TANGKAS: SAYA PANCASILA. READINESS AND SACRIFICE

Sabtu, 02 Februari 2019

Kebun Teh Nglinggo


Berbicara soal tempat wisata di Yogyakarta, tidak akan ada habisnya. Setelah lebih dari dua tahun tinggal di DIY, saya berkesempatan mengunjungi tempat wisata alam baru di daerah Kulomprogo.
Bersama teman saya Hetty yang sama-sama menyukai nuansa alam kami menuju lokasi pada pertengahan Januari 2019. 

Kebun teh ini terletak berlokasi di Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kulonprogo, Yogyakarta. 
Perjalanan dari Sleman kami tempuh kurang lebih 1 jam 30 menit, berpedoman Google Maps. Meskipun agak lama tapi saya jamin anda tidak akan bosan selama dalam perjalanan, karena lokasinya berada di daerah ketinggian anda akan melihat banyak sekali keindahan alam mulai dari Kali Progo yang terkenal, bukit-bukit, pemandangan sawah yang menguning (jika anda beruntung) hingga sungai-sungai kecil yang berkelok. Tapi saya sarankan yang berkendara haruslah yang benar-benar sudah mahir karena ada banyak sekali tikungan yang lumayan tajam dan sensasi naik turun bukit.

Lokasi akan dirandai dengan gapura berwarna oranye bertuliskan desa wisata Ngilnggo. Sebenarnya ada banyak sekali tempat wisata di sekitar kebun teh ini. Seperti Bukit Ngisis, paket offroad dan Air Terjun. Anda cukup membayar Rp 5.000,- per orang untuk memasuki lokasi wisata Desa Nglinggo dan Rp 5.000,- untuk parkir mobil dan Rp 2.000,- untuk parkir sepeda motor. Bila anda punya waktu lama untuk tinggal, di desa ini juga tersedia homestay dengan nuansa alam bertema rumah panggung dari kayu.

Begitu anda sampai di lokasi anda akan langsung merasakan hawa dingin ala perbukitan. Kalau beruntung anda akan melihat kabut menyelimuti sisi-sisi bukit. Jangan khawatir anda akan kelaparan karena di lokasi terdapat beberapa tempat makan. Walaupun tidak ada salahnya kalau anda mau membawa bekal sendiri. Paling pas memang menikmati teh hangat yang langsung dipetik dari kebunnya. Di kebun teh ini juga disediakan toilet umum, tenang toiletnya bersih kok. 

Tips terakhir dari saya adalah, siapkan tenaga karena anda akan berjalan naik turun bukit untuk mengeksplor tempat ini. Pastikan juga kendaraan anda ada dalam kondisi baik. Selamat berlibur...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar