TEKS BERJALAN

EMERENSIA TANGKAS: SAYA PANCASILA. READINESS AND SACRIFICE

Senin, 27 Agustus 2018

Grahatama Pustaka Yogyakarta


source : google


Grahatama Pustaka merupakan salah satu perpustakaan umum terbesar di Indonesia, beralamatkan di Jalan Janti Banguntapan Bantul, Yogyakarta. Perpustakaan ini merupakan kantor dari UPTD Balai Layanan Perpustakaan. Dilihat dari segi bangunan dan arsitekturnya, perpustakaan ini memang dapat digolongkan perpustakaan mewah di Indonesia. Berdiri di tanah seluas 2,4 hektar.
Kabarnya memang perpustakaan ini adalah perpustakaan terbesar di Indonesia bahkan di asia tenggara. Tapi bukan kemewahan dari perpustakaan ini yang akan saya bahas, melainkan layanan baru di Grahatama Pustaka.

Sebenarnya perpustakaan satu ini adalah salah satu tempat favorit bagi saya, untuk  membaca, mengerjakan tugas, mencari referensi atau sekedar melepas penat dari rutinitas kampus. Bahkan minimal dua minggu sekali pasti saya mengunjungi perpustakaan ini. Untuk anda yang belum mengetahui lokasi dari perpustakaan ini atau mungkin anda mahasiswa baru di kota Yogyakarta, sebenarnya sangat mudah mencari lokasinya karena gedungnya yang memang mengundang mata siapapun yang melintas didepannya untuk menolehnya, selain itu GTP (Grahatama Pustaka) juga bersebelahan langsung dengan Jogja Expo Center (JEC) Gedung yang biasa digunakan untuk berbagai festival, pameran atau konser musik.  Untuk memasuki GTP, bila menggunakan sepeda motor seperti saya, setelah memasuko gerbang bisa langsung belok ke kanan mengikuti jalur jalan yang ada, tempat ini pun tidak kekurangan petunjuk arah untuk area parkir motor dan area parkir mobil di belakang gedung. 
Halaman tengah lantai dua dapat digunakan sebagai ruang diskusi terbuka

Setelah menaiki tangga untuk menuju di lantai dua (lantai utama) di bagian kanan akan ada pusat layanan perpustakaan yang juga melayani pembuatan kartu perpustakaan secara gratis seperti milik saya, kartu perpustakaan ini saya buat satu tahun yang lalu tanpa dipungut biaya sepeserpun, kartu perpustakaan ini dapat digunakan untuk meminjam buku maksimal dua eksemplar untuk setiap minggunya dan dapat diperpanjang. Proses pembuatannya pun hanya memakan waktu dua minggu. Untuk memasuki perpustakaan silakan meminta kunci loker penitipan barang dengan meninggalkan salah satu kartu identitas sebagai jaminan. Setelah itu silakan mengisi data pengunjung di komputer yang disediakan disamping pintu utama, apabila anda telah memiliki kartu perpustakaan maka anda tinggal melakukan scan pada barkot di kartu anda lalu mengisi tujuan kunjungan, bila anda bukan anggota perpustakaan maka silakan isi nama, status pekerjaan, alamat, pendidikan terakhir dan tujuan kunjungan, setelah itu silakan memasukan barang-barang bawaan pada loker sebelah kiri pintu utama. Perlu anda tahu lokasi penitipan barang (loker) juga tersedia di lantai satu yang berdekatan dengan ruang bermain anak.
Kartu perpustakaan saya

Ruang yang paling banyak dikunjungi adalah ruang koleksi umum, sejauh yang saya tahu pada perpustakaan ini juga tersedia ruang koleksi khusus di lantai tiga, ruang koleksi koran di lantai tiga, ruang koleksi skripsi di lantai tiga, ruang koleksi lama di lantai tiga, nah diruang koleksi lama ini anda akan menemuka buku-buku yang telah using, jadi jangan heran bila anda juga akan mencium aroma kertas-kertas lama, selain itu ada ruang koleksi braile di lantai dua, ruang bermain anak di lantai satu, ruang diskusi dan ruang audiovisual di lantai tiga. Anda tidak perlu takut akan tersesat di perpustakaan ini karena anda akan dengan mudah menemui petugas dan security di setiap lantai. Sebelum memasuki ruang-ruang bacaan tersebut anda akan melihat dua kotak di sisi kanan dan kiri pintu masuk setiap ruangan, silakan ambil salah satu kantung hitam berbentuk totebag untuk menyimpan sepatu dan bawalah masuk ke ruangan, seperti pada perpustakaan pada umumnya adapun larangan pada setiap ruangan adalah dilarang membawa makanan dan minuman, dilarang mengenakan topi, dilarang membawa tas ransel, dilarang merokok, dilarang membawa senjata tajam, dilarang membawa hewan piaraan dan dilarang mengganggu kenyamanan pengunjung lainnya seperti berbicara keras-keras misalnya. Di dalam ruang baca terdapat dua computer untuk membantu pengunjung dalam pencarian literasi, selain itu juga terdapat petugas di setiap ruangan.
 
Para pengunjung Grahatama Pustaka yang didominasi mahasiswa/i
Baru-baru ini saya menemukan dua layanan baru yang disediakan Grahatama Pustaka. Yang pertama adalah mulai disediakannya tas transparan yang dapat diambil saat anda menukarkan kartu identitas dengan kunci loker. Yang kedua adalah meja lipat berwarna-warni yang disediakan di ruang baca. Layanan di GTP ini juga termasuk wi-fi gratis untuk pengunjung, informasi password dan username pun tersedia dimana-mana. Hanya saja karena pengguna yang cukup banyak kerap kali wi-fi menjadi lelet karena overload. Di dalam setiap ruangan akan disediakan meja permanen di tepi jendela beserta kursinya, pada tiap sisi jendela juga terdapat lampu baca. Selain itu juga terdapat beberapa rol kabel disekitar rak buku dan kursi busa berwarna warni, sayang jumlahnya terbatas.
Layanan baru berupa kursi lipat
 Demikianlah informasi singkat yang dapat saya bagikan dalam kesempatan ini. Sampai berjumpa di artikel selanjutnya atau sampai berjumpa di Grahatama Pustaka :) 
doc pribadi

doc pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar